Capaian Pembelajaran
1.Sikap
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidangnya terutama di bidang pendidikan matematika.
2. Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai konsep teoretis matematika meliputi logika matematika, matematik diskret, aljabar, analisis, geometri, serta statistika, permodelan matematika, program linear, persamaan diferensial, dan metode numerik.
- Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang matematika untuk melaksanakan pembelajaran matematika inovatif di pendidikan menegah yang berorientsi pada kecakapan hidup.
- Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran matematika yang inovatif yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill);
- Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran di bidang matematika.
- Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk mendukung pembelajaran matematika inovatif dan untuk beradaptasi terhadap situasi terkini yang berkembang khusunya dibidang pendidikan matematika.
3. Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidang pendidikan matematika.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan bidang pendidikan matematika berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi atau gagasan terutama di bidang pendidikan matematika.
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian di bidang pendidikan matematika dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir.
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data.
- Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya teutama di bidang pendidikan matematika.
4. Keterampilan Khusus
- Mampu mengaplikasikan konsep dan pola pikir matematika dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan sumber belajar.
- Mampu melakukan pendampingan dan pembimbingan serta keteladanan bagi peserta didik terutama dalam pembelajaran matematika.
- Mampu mengkaji dan mengembangkan berbagai metoda pembelajaran yang telah tersedia secara inovatif dan teruji.
- Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika inovatif yang beorientasi pada kecakapan hidup.
- Mampu melaksanakan penelitian dan menghasilkan pemikiran ilmiah yang kreatif dan inovatif sebagai alternatif pemecahan masalah dalam bidang pendidikan matematika serta mengkomunikasikan secara lisan maupun tertulis.
- Mampu beradaptasi terhadap situasi terkini terutama dalam bidang pendidikan matematika khususnya dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.